Mesin cuci tidak hanya untuk dapat dipergunakan untuk mencuci pakaian saja, karena mesin cuci juga dapat menghemat waktu, dan tenaga.

Dengan menggunakan mesin cuci, Anda dapat melakukan keguatan bermanfaat lainnya selama dirumah, selain itu Anda dapat beristirahat tanpa perlu kewalahan karena cucian yang banyak.

Akan tetapi, apakah Anda tahu orang yang menemukan ide untuk membuat mesin cuci?

Ataukah Anda tahu dimana awal pertama kali mesin cuci diciptakan?

Kali ini kami akan bahas sejarah mesin cuci beserta kegunaannya yang lain.

Baca juga: Langkah Mudah Mencuci Dry Cleaning pada Pakaian

Sejarah mesin cuci

Paten Inggris pertama di bawah kategori mesin Cuci dikeluarkan pada tahun 1691.

The Gentleman’s Magazine selaku salah satu publikasi Inggris merilis gambar mesin cuci muncul dalam edisi Januari 1752.

Sementara itu, desain mesin cuci Jacob Christian Schäffer diterbitkan tahun 1767 di Jerman.

Pada 1782, Henry Sidgier mengeluarkan paten Inggris untuk mesin cuci drum berputar, dan pada tahun 1790-an Edward Beetham mampu menjual banyak di Inggris.

Salah satu inovasi pertama dalam teknologi mesin cuci yakni penggunaan wadah atau cekungan tertutup yang memiliki alur, jari, atau dayung untuk membantu menggosok-gosokan pakaian.

Dalam penggunaannya, orang yang menggunakan mesin cuci akan menggunakan tongkat untuk menekan dan memutar pakaian di sepanjang sisi bertekstur dari baskom atau wadah, mengaduk-aduk pakaian untuk menghilangkan kotoran dan lumpur.

Teknologi tersebut merupakan agitator mentah tersebut bertenaga tangan, akan  tetapi masih lebih efektif daripada benar-benar mencuci tangan pakaian.

Lebih banyak kemajuan dibuat untuk teknologi mesin cuci dalam bentuk desain drum rotatif. Pada dasarnya, paten desain awal ini terdiri dari drum washer yang digerakkan tangan untuk membuat drum kayu berputar.

Kendati teknologi yang digunakan bisa dikatakan sederhana, namun hal tersebut merupakan perjalanan sejarah mesin cuci, karena memperkenalkan gagasan drum pencuci yang bertenaga.

Ketika, drum logam mulai menggantikan drum kayu tradisional, drumnya dibiarkan berputar di atas api terbuka atau ruang api tertutup, meningkatkan suhu air untuk proses pencucian yang lebih efektif.

Tidak sampai abad ke 19 ketika tenaga uap akan digunakan dalam desain mesin cuci.

Sejarah mesin cuci dipatenkan

Pada Pameran London 1862 Richard Lansdale dari Pendleton, menampilkan sebuah mesin cuci yang dipatenkan.

Sementara itu, paten Amerika Serikat pertama yang bertajuk Pencucian Pakaian diberikan pada Nathaniel Briggs dari New Hampshire pada tahun 1797.

Karena Musibah yang terjadi di Kantor Paten pada tahun 1836, tidak ada lagi deskripsi tentang perangkat yang bertahan.

Sebuah perangkat yang menggabungkan mesin cuci dengan mekanisme pemeras tidak muncul hingga tahun 1843, ketika John E. Turnbull dari Saint John, New Brunswick mematenkan Pencuci Pakaian Dengan Pemeras Gulungan.

Selama tahun 1850-an, Nicholas Bennett dari Mount Lebanon Shaker Society di New Lebanon, New York, menciptakan “pabrik pencuci”, namun pada tahun 1858 ia memberikan paten kepada David Parker dari Canterbury Shaker Village, di mana ia terdaftar sebagai “Mesin Cuci yang Diperbaiki”.

Pada tahun 1930 mesin menjadi otomatis. Sakelar tekanan, termostat dan timer termasuk dalam model-model baru. Dari tahun 1980-an dan seterusnya.

Kemajuan di bidang elektronik pada mesin cuci menjadi reaktif dan ekologis antara lain adanya penyesuaian parameter dengan sensor ketinggian air, fitur penyesuaian berat pakaian, siklus pencucian yang berbeda: warna, putih, wol, sintetis serta mampu menghemat energi dan air.

Pada tahun 1990, seorang penemu Inggris, James Dyson, memproduksi mesin cuci dengan dua silinder yang berbalik arah berlawanan, sehingga mampu mengurangi waktu pencucian dan memberikan hasil yang lebih baik.

Saat ini, mesin cuci berteknologi mutakhir bermunculan, mulai dari terhubung ke internet dan mungkin memiliki Wi-Fi yang terintegrasi untuk menunda program pencucian yang ditangguhkan, misalnya selama waktu tidak sibuk ketika biaya listrik berada pada titik terendah.

Awal ditemukannya mesin cuci, hanya digunakan untuk melakukan pencucian ketika diisi pakaian kotor dan deterjen, diisi dengan air panas, dan mulai proses pencucian.

Seiring dengan berjalannya waktu, mesin cuci menjadi lebih dan lebih otomatis, pertama dengan pengendali elektromekanik yang sangat kompleks, kemudian sepenuhnya pengendali elektronik.

Baca juga: Cara Mencuci Jersey Sepak Bola Agar Awet

Informasi penting

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi, peralatan laundry dan mendapatkan perlengkapan laundry hanya di Bos Pengering. Ya, hanya Kami yang menawarkan perlengkapan laundry termurah, dan berkualitas.
Ikuti Kami di Instagram @bospengering untuk mendapatkan informasi bisnis laundry terbaru dan lengkap.
Kunjungi Showroom Kami di Jl. Batu Indah Raya No 36, Batununggal, Bandung, Jawa Barat.

Produk Kami lainnya dapat Anda beli di Marketplace kesayangan Anda, antara lain:
Tokopedia: Bos Pengering
Shoope: Bos Pengering
Bukalapak: Bos Pengering