Beberapa waktu kebelakang bisnis baru mulai bermunculan, ide-ide segar hadir mewarnai hari-hari.

Peluang-peluang tersebut hadir dari kepekaan para pebisnis melihat masalah baru yang datang mewarnai masyarakat saat ini.

Terlebih pada zaman sekarang, dengan aktivitas padat yang harus dilalu setiap hari sehingga waktu tidak cukup untuk mengurus rumah, salah satunya yakni mencuci pakaian.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan yang dapat dijadikan peluang bagi para pebisnis dan menjadi peluang emas untuk membuka usaha bisnis laundry, sehingga memutuskan untuk memiliki bisnis laundry kiloan.

Banyak orang yang memanfaatkan jasa laundry untuk membersihkan pakaian kotor yang tak dapat diatasi.

Selain praktis, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dibandingkan dengan harus menguras tenaga sendiri.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis laundry, Anda dapat mencoba untuk berbisnis laundry kiloan.

Banyaknya aktivitas masyarakat yang memiliki aktivitas tinggi sehingga waktu yang dimiliki menjadi terbatas, dan hal tersebut dapat menjadi peluang.

Untuk itu Bos Pengering akan membahas beberapa tips dalam memulai bisnis laundry kiloan yang dapat Anda jalankan.

Sebelum mendalami bisnis laundry kiloan, baiknya mengetahui mengapa harus menggeluti bisnis ini.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Memulai Bisnis Laundry

Kendati bisnis tersebut dinilai sebelah mata, hal tersebut dikarenakan pandangan orang yang menilai bahwa bisnis tersebut hanya mengurus pakaian kotor pelanggan, bahkan orang yang tidak dikenal.

Perlu diketahui, bisnis laundry kiloan merupakan peluang bisnis yang cukup besar, bisnis ini memiliki target pasar yang cukup luas yakni mahasiswa atau penghuni kos, keluarga yang idak memiliki asisten rumah tangga, pengurus masjid dan tempat peribadatan yang lain.

Selain memiliki modal yang cukup, untuk memutuskan berbisnis laundry, terdapat beberapa hal yang harus Anda pikirkan agar pelanggan datang, dan memilih bisnis laundry yang Anda miliki untuk dijadikan langgan mereka.

Laundry Kiloan

Bos Pengering

Beberapa tips yang dapat Anda jalankan agar dapat memulai bisnis laundry kiloan yakni:

Pilih Lokasi yang Tepat

Penentuan lokasi didapat dengan cara menentukan target pasar yang ingin dituju, langkah pertamanya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan survey.

Lokasi merupakan salah satu hal yang akan menentukan keberlangsungan suatu usaha, dalam sektor apapun, sehingga lokasi dapat dikatakan menjadi dalah satu variabel yang menentukan.

Sama seperti bisnis yang lain, penentuan lokasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menjalani bisnis laundry.

Menentukan Harga

Bisnis laundry merupakan bisnis dengan persaingan yang cukup ketat, namun penentuan harga dapat disesuaikan dengan lokasi.

Perhatikan lokasi sekitar, pastikan harga yang dtentukan dapat bersaing dengan bisnis laundry yang lain.

Pastikan juga bahwa harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas yang akan pelanggan Anda dapat.

Perhatikan Pelayanan

Bisnis yang baik merupakan bisnis yang mampu memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan, serta dapat menjaga dan meningkatkan pelayanan seiring berjalannya waktu.

Tak perlu ragu bila memberi harga yang lebih tinggi dari kompetitor, karena pada dasarnya prinsip ‘ada harga, ada kualitas’ tetap berlaku hingga kapanpun.

Salah satu pelayanan yang cukup berpengaruh dalam bisnis laundry kiloan yakni waktu pelayaan yang diberikan.

Untuk meningkatkan daya tarik pelanggan sehingga selalu datang kembali, Anda dapat berkomitmen untuk menjaga ketepatan waktu.

Baca juga: Sejarah Laundry, Berawal Dari Pinggir Sungai

Berhati-hati dalam Membersihkan Pakaian Pelanggan

Bisnis laundry kiloan merupakan bisnis penyedia jasa yang harus berurusan dengan barang milik pelanggan, dengan demikian Anda harus berhati-hati dalam melaksanakannya.

Untuk itu, ada baiknya memisahkan pakaian pelanggan dengan tidak dicampurkan, selain itu bila bisnis yang Anda jalankan meiliki keterbatasan dalam hal kapasitas cucian, Ada dapat atasi dengan menggunakan pelabelan pada pakaian yang akan dicuci, sehingga pakaian pelanggan tidak akan tercampur.

Lakukan Strategi Pemasaran

Bisnis apapun yang dijalankan, rasanya akan kurang maksimal bila tak dipasarkan dengan baik.

Strategi pemasaran pun dapat dimulai dengan hal sederhana seperti brosur yang disebar, memasang banner, hingga dengan memanfaatkan teknologi yang kini tengah marak digunakan, seperti dengan memaksimalkan media sosial.

Baca juga: Paket Laundry Sepatu Murah

Atur Keuangan dengan Baik 

Bisnis yang baik dan berkembang pesat tentu diimbangi dengan pengaturan keuangan yang baik.

Lakukan pencatatan biaya operasional yang rutin dikeluarkan setiap bulan, pastikan mencatat setiap transaksi yang terjadi sudah tepat, hingga biaya perawatan peralatan apabila terjadi kerusakan serta lainnya guna mengetahui kesehatan keuangan bisnis Anda.

Demikian 6 hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis laundry kiloan.

Konsultasikan kebutuhan Anda hanya dengan Bos Pengering, ikuti kami di Instagram dan Subscribe Youtube Bos Pengering.